Free Translation Widget

Rabu, 13 Juli 2011

KONSEP KETUHANAN AGAMA NASHRANI

Berikut adalah artikel yang menjelaskan konsep ketuhanan agama Nashrani disertai pendapat-pendapat dari orang muslim maupun non muslim.

Agama Nashrani atau yang sekarang lebih dikenal dengan sebut-an agama Kristen adalah salah satu agama yang mengaku-aku monotheis-me, namun dalam kenyataannya ajaran Kristen adalah polytheisme, yaitu ketika kita melihat konsep aqidah mereka yang dikenal dengan Trinitas atau Tritunggal.
Nashrani berasal dari kata Nazharet yaitu tempat kelahiran Nabi ‘Isa ? . Sedangkan kata Kristen berasal dari Kristus “ Juru Selamat “ yang merupakan sebutan yang dikarang secara dusta oleh Saulus dan pa-ra pengikutnya.




Agama Kristen telah terpecah jadi puluhan agama baru, dari yang sifatnya besar dan mendunia hingga yang lokal dan kurang populer. Se-tiap agama pecahannya pasti mengkafirkan agama pecahan yang lainnya pula. Dan secara umum, agama Kristen terbagi menjadi tiga agama baru, yang masing-masing memiliki gereja dan tokoh agama sendiri-sendiri. Ketiga agama terbesar dari lingkup agama Kristen ini yaitu : Katholik, Or todox dan Protestan. Meskipun mereka berbeda dalam tempat ibadah dan pimpinan spiritualnya, bahkan dalam injilnya, namun mereka semua sepa kat dengan prinsip ajaran trinitas atau tritunggal.

Agama Katholik adalah agama Kristen yang paling tua. Katholik sendiri berarti orang-orang umum, karena mereka mengaku-aku sebagai induk segala gereja dan penyebar missi satu-satunya di dunia. Disebut pu la dengan Gereja Barat atau Geraja Latin, karena mereka mendominasi Eropa Barat, yaitu mulai dari Italia, Belgia, Prancis, Spanyol, Portugal dan lain-lainnya. Disebut juga sebagai Gereja Petrus atau Kerasulan kare- na mereka mengaku-aku bahwa yang membangun agama mereka adalah Petrus, murid Nabi ‘Isa ? yang paling senior.
Agama Katholik meyakini bahwa Roh Qudus tumbuh dari Tuhan Bapa dan Anak secara bersamaan. Mereka juga berkeyakinan bahwa Tu-han Bapa dan Tuhan Anak memiliki kesempurnaan yang sama. Bahkan mereka meyakini bahwa Yesus atau Tuhan Anak ikut bersama-sama de-ngan Tuhan Bapa mencipta langit dan bumi
Adapun agama Ortodox yang disebut pula sebagai Gereja Timur atau Gereja Yunani adalah agama Kristen yang menyempal dari Kristen Katholik pada tahun 1054 M. Agama Ortodox meyakini bahwa Roh Qu-dus hanya tumbuh dari Tuhan Bapa saja, dan mereka meyakini bahwa Tu han Bapa lebih utama daripada Tuhan Anak.
Sedangkan agama Protestan adalah pengikut Martin Luther yang menyempal dari agama Katholik karena menganggap banyak hal yang ti-dak masuk akal dari agama Katholik. Disebut Protestan karena sikap me-reka yang memprotes Gereja Lama atau kaum Katholik. Mereka menye-but dirinya dengan Gereja Penginjil karena pengakuan mereka yang ha-nya mau mengikuti Injil semata. Terkadang mereka disebut dengan Kris-ten saja. Agama Protestan di antara agama yang melarang membuat pa-tung dan gambar untuk disembah. Walaupun demikian, mereka tetap me-yakini ajaran trinitas yang intinya adalah Tuhan itu satu tetapi terdiri dari tiga oknum.
Secara garis besarnya, agama Kristen meyakini bahwa Nabi ‘Isa atau Yesus adalah Anak Tuhan. Oleh karena itu murid-murid Yesus mere ka yakini sebagai Rosul. Bahkan Saulus atau Paulus atau Bulus, yaitu mu suh besar Nabi ‘Isa ? yang sangat bernafsu menangkap dan menyalib Nabi ‘Isa serta banyak menyiksa dan menangkapi para pengikut Nabi ‘Isa juga ikut diyakini sebagai Rosul. Hal ini karena tipu dayanya yang mengatakan kepada orang-orang Nashrani bahwa dia mendapat wahyu da ri Yesus untuk meneruskan ajarannya dan Yesus menamainya dengan Bu lus. Padahal tidak ada seorang nabi pun yang memiliki masa lalu yang ke lam, yaitu mantan musuh Alloh dan Rosul-Nya. Tipu daya Saulus sema- kin sempurna dengan menyusupkan orang-orangnya ke dalam deretan ro-haniawan Kristen, seperti Lucas dan lain-lainnya. Melalui orang-orang- nya ini akhirnya Saulus berhasil merubah Injil dan memasukkan faham trinitas ke tengah-tengah umat Nashrani.
Dalam sejarah ketuhanan kaum Nashrani, penuhanan Yesus baru dilakukan pada akhir Abad II Masehi. Kemudian pada Konsili di Necea tahun 325 Tuhan Anak disejajarkan dengan Tuhan Bapa. Selanjutnya pa- da Abad III Roh Qudus dipertuhankan. Pada konsili di Ephese Bunda Ma ria disejajarkan dengan Trinitas oleh penganut Katholik. Begitulah seja- rah ketuhanan dalam agama Kristen.
Konsep ketuhanan agama Kristen secara kesuluruhan adalah tidak masuk akal, bahkan masing-masing tokoh agama mereka memiliki penaf- siran yang berbeda tentang Trinitas ini. Sehingga banyak yang menyebut konsep Trinitas sebagai teka-teki yang tidak pernah terjawab atau raha-sia yang tidak pernah terungkap tuntas.
Lebih jauh daripada itu, keyakinan mereka terhadap Trinitas bila dihubungkan dengan keyakinan adanya dosa warisan, yaitu dosa yang mesti ditanggung seluruh anak-anak Adam karena Adam dan Hawa telah memakan buah terlarang di syurga, kemudian untuk menebus dosa wari-san ini maka Yesus Tuhan Anak diturunkan ke dunia untuk menebusnya dengan cara disalib. Dan anehnya, ketika Yesus hendak disalib, dia berka ta : “Tuhan kenapa Engkau tinggalkan daku ?”
Keanehan pertama, yaitu apabila Tuhan adalah penentu segalanya, dan pa hala serta dosa pun Tuhan pula yang menentukan, kenapa Tuhan tidak mampu menghapus dosa Adam dan mema’afkannya tanpa mengorban-kan Anak-Nya ? Apakah adil bila dosa seseorang harus dipikul oleh ketu-runannya yang tidak tahu menahu tentangnya, bahkan mesti ditebus de-ngan mengorbankan Anak Tunggal-Nya ?!!
Keanehan lainnya adalah apabila Yesus memang diturunkan ke dunia un-tuk menebus dosa manusia, kenapa ia mesti mengatakan : “Tuhan kenapa Engkau tinggalkan daku ?”
Keganjilan lainnya dapat dilihat dalam silsilah Yesus, masing-masing In-jil mengemukakan silsilah yang berbeda-beda. Dalam Injil Matius dise-butkan bahwa Yesus adalah keturunan Salomo Putera Daud, namun da-lam Injil Lukas disebutkan bahwa Yesus adalah keturunan Natan Putera Daud. Mana yang benar ?
Bahkan dalam satu Injil banyak dijumpai pertentangan yang mus-tahil untuk dikumpulkan. Seperti dalam Injil Matius disebutkan bahwa Yesus memiliki setidak-tidaknya tiga predikat, yaitu : Anak Manusia, Hamba Allah dan Anak Allah. Dalam Injil Markus disebutkan setidak-ti- daknya empat predikat bagi Yesus, yaitu : Anak Allah, Anak Manusia, Tuhan, dan Raja Yahudi. Dalam Injil Lukas disebutkan setidak-tidaknya tiga predikat : Keturunan Manusia, Anak Allah dan Raja Yahudi. Dalam Injil Yohanes disebutkan setidak-tidaknya dua predikat : Manusia biasa dan Anak Tunggal Allah. Lalu yang mana yang benar ???
[ ’Abdulloh A. Darwanto ]

45 Responses to “KONSEP KETUHANAN AGAMA NASHRANI”

  • mamas86:
    Ijin copy… Ada tugas kuliah buat resume pendidikan agama islam
  • Abdulloh:
    Silakan bagi anda yang membutuhkan artikel kami dapat mengcopinya dengan gratiss
  • Jeanne:
    Tulisan yang ngawur dari pikiran yg picik
  • Abdulloh:
    Jeanne yang ngawur, mestinya anda memberikan alasan yang ilmiah bila memang anda menganggap tulisan kami ngawur. Berlapang dadalah menerima kritikan orang dan sampaikanlah dengan bahasa yang baik ! Terima kasih
  • WICO:
    Ijin copy ya bos, buat tugas agama.
    Thanks…..
  • Adi:
    Buat jeanne, cb pahami ajaran agama anda dgn benar,pahami dan bandingkan dgn konsep ketuhanan dalam islam. Surat Al-ikhlas adalah syarat ssesuatu bs dkatakan sbagai tuhan dlm ajaran islam, cb baca surat ini, pelajari dgn adil, niscaya anda akan akui bahwa cm islam yg konsep ke Tuhanannya sempurna tanpa cacat.. Jangan mnilai islam dari umat islam tapi pelajarilah ayat ayat al-qur’an, Islam jg agama yang penuh kasih sayang, percyalah..
  • kasihan:
    ini lagi tulisan si abdulloh yang mengurusi agama orang lain dengan standar agama sendiri!!
    pastilah tidak klop !!
    mau bukit bahwa islam juga *****!!
    1.si muhammad mengaku sebagai nabi karena mendapatkan wahyu dari gua hira(mana bukti alquran yang kata nya turun langsung ???kok tidak ada kan katanya buatan allah harusnya bertahan sampai sekarang!!
    2.agama islam menakut nakuti pengikutnya dengan neraka dan surga yang hanya menurut otak arab padang pasir(surga penuh dengan buah buahan, air mengalir, bermacam daging burung, persis keinginan arab arab padang pasir!
    3.di surga akan dikawinkan dengan 72 bidadari yang kalau main akan perawan terus!! sedangkan si wanita jadi gundik saja!! di surga ini penuh dengan kecabulan!!
    salah satu doktrin islam teroris(kalau tidak percaya cari saja sendiri)
    4.memperbolehkan kawin dengan anak kecil(pedeofili) dan kawin siri..(contoh si muhammad dan si syekh puji)
    5.si muhammad saja tidak yakin masuk surga, sehingga minta didoakan terus oleh umatnya sampai sekarang!
    6.allah adalah nama dewa bulan bangsa pagan,, dan kabah adalah rumah batu buatan manusia.. yang mana karena takut kebakaran kain nya itu dibuat dari kain tahan api!!
    itulah sekelumit agama islam yang boleh anda check kebenarannya
    jadi saudara saudara ku yang nasrani tidak usah dipikirn kok otak si islam ****** ini !!
    mengurusi agama orang lain dengan memakai standar agama sendiri adalah orang ***** yang paling *****!
    YANG PASTI AGAMA NASRANI,BUDHA,HINDU TIDAK AKAN MENGELUARKAN FATWA MATI UNTUK ORANG YANG MENCEMARKAN AGAMA MEREKA
    BEDAKAN DENGAN AGAMA ISLAM YANG MENGELUARKAN FATWA MATI UNTUK ORANG YANG MENCEMARKAN AGAMA MEREKA.. BUKTI BANYAK CARI SAJA SENDIRI
    SARAN SAYA MENDINGAN SI ABDULLOH INI MEMBIKIN ARTIKEL KENAPA ADA ALIRAN SUNNI DAN SYIAH YANG TERUS BUNUH BUNUHAN SAMPAI SEKARANG SALING MENGEBOM 111DIMANA ALLAHNYA???
  • kasihan:
    kata si abdulloh allah nya lah yang paling bener??? bener bener *****!!!
    setiap agama pasti mengklaim kebenaran menurut agamanya sendiri jadi janganlah mencampur urusan agama orang lain dengan standar agama sendiri..
    mau debat???
  • hamba Allah:
    namanya jg kasihan,kasihan dech loe…..nabi muhammad tu emg nabi terakhir n d alqur’an udh da byk buktinya loe ja yang ga teu tp sok keminter.
  • Drysart:
    Jika memang Paulus atau Saulus ingin menjebak kaum Kristen mengapa ia justru membawa mereka pada Sang Juruselamat? mengapa bukan agama Yahudi yang ia yakini?
    Justru Saulus lah yang menjadi bukti bahwa Kristus adalah kebenaran sejati. Saulus, seorang yang menjadi tokoh muda dalam mazhab paling keras bernama farisi yang menolak tafsir lain dari ajaran Taurat, justru akhirnya mengakui Yesus sebagai TUHAN, berbeda dengan Islam yang justru menjustifikasi agamanya dengan kekerasan dan tidak mau dikritik, dan sebagian besar negara dan masyarakat islam mempertahankan itu dengan cara membunuh.
    Saulus seorang Yahudi yang berkewarganegaraan Roma yang sangatlah terdidik baik secara filsafat Yunani maupun ajaran Yahudi menerima Yesus sebagai Juruselamat tanpa paksaan, padahal saat itu ia mengejar dan membunuhi orang Kristen, saat dalam perjalanan ke Damaskus, Yesus menampakkan diri tanpa murka, dan justru dengan wajahnya yang damai, Ia menerima Paulus yang berdosa.
    Yesus bersabda dalam Galatia 1:11-14
    “Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan
    Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah
    dan buahmu itu tetap,”
  • Drysart:
    Di paragraf terakhir dimasalahkan tentang predikat Yesus, Tidak ada kata “hanya” kepada predikat Yesus, banyak predikat bagi namanya, tidak ada batasan untuk memuji kemuliaan Raja Sorga, Yang dilarang adalah menolak dan merendahkan namaNya. Menerangkannya seolah-olah berbeda hanya karena berbeda ayat adalah muslihat, justru itulah bukti bahwa Injil telah teruji karena telah melewati fase sejarah dan memiliki berbagai kesaksian sejarah, sedangkan Qur’an hanya dikarang Muhammad sampai2 dia berkata bahwa itulah mukjizatnya. Dikatakan bahwa Qur’an turun dari sorga padahal banyak sekali kekeliruannnya lihat di faithfreedom.org atau baca buku Sang Putera dan Sang Bulan oleh Curt Fleitemer
    Mengenai penebusan, semua Yahudi tahu bahwa ajaran mereka menyatakan bahwa semua orang akan masuk ke dunia orang mati atau Sheol dapat dibaca di situs ini bahwa dari adam sampai ke Penebusan Yesus orang masuk ke dunia orang mati, dan bahkan mereka tidak yakin akankah mereka masuk sorga, demikian:
    “Apabila nyawanya melayang, ia kembali ke tanah; pada hari itu juga lenyaplah maksud-maksudnya.” Mazmur 146 : 4
    “Baik kasih mereka, maupun kebencian dan kecemburuan mereka sudah lama hilang” Pengkotbah 9 : 6
    17:14 dan berkata kepada liang kubur: Engkau ayahku, kepada berenga(ulat): Ibuku dan saudara perempuanku
    17:15 maka di manakah harapanku? Siapakah yang melihat adanya harapan bagiku?
    17:16 Keduanya akan tenggelam ke dasar dunia orang mati, apabila kami bersama-sama turun ke dalam debu.”
    Hanya orang-orang yang bertatap muka dengan Allah Bapa yang bermanifestasi dalam Kristus yang menurut Kitab Para Nabi, bergaul, bercengkrama, bersahabat denganNya
    Kejadian 5:24
    “Dan Henokh hidup bergaul (VAYITHALÊKH) dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah.”
    bahasa Ibrani VAYITHALÊKH berarti merupakan hubungan yang sangat erat, bagaikan ayah dan anak, sahabat, hubungan yang saling percaya.
    Ibrani 11:5
    “Karena iman Henokh terangkat, supaya ia tidak mengalami kematian, dan ia tidak ditemukan, karena Allah telah mengangkatnya. Sebab sebelum ia terangkat, ia memperoleh kesaksian, bahwa ia berkenan kepada Allah.”
    Kejadian 32:24-28 disebutkan:
    “Lalu tinggallah Yakub seorang diri. Dan seorang laki-laki bergulat dengan dia sampai fajar menyingsing.(24) Ketika orang itu melihat, bahwa ia tidak dapat mengalahkannya, ia memukul sendi pangkal paha Yakub, sehingga sendi pangkal paha itu terpelecok, ketika ia bergulat dengan orang itu.(25) Lalu kata orang itu: “Biarkanlah aku pergi, karena fajar telah menyingsing.” Sahut Yakub: “Aku tidak akan membiarkan engkau pergi, jika engkau tidak memberkati aku.”(26) Bertanyalah orang itu kepadanya: “Siapakah namamu?” Sahutnya: “Yakub.”(27) Lalu kata orang itu: “Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang.”(28)
    Henokh yang bergaul erat dengan TUHAN
    Yakub yang bertemu Yesus Kristus, Ketetapan hati Yakub untuk bertatapmuka dengan TUHAN dan tergugahlah diriNya hingga memberkati Yakub
    Abraham yang bertatap wajah dengan TUHAN
    Yohanes
    1:18 Tidak seorangpun yang pernah melihat Tuhan; tetapi Anak Tunggal Tuhan, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.
    Semua orang yang bertatap muka dengan TUHAN melihat Yesus dalam KemuliaanNya
    begitu juga Abraham, Ishak, Yakub, Musa, Daud, Elia, dan banyak orang percaya
    Yesus Bersabda:
    15:14 Kalian adalah sahabat-sahabat-Ku, kalau kalian melakukan apa yang Kuperintahkan kepadamu
    Siapa yang percaya pada Kristus akan selamat dan masuk dalam kerajaan sorga
    Zakaria 14:9 Maka TUHAN akan menjadi Raja atas seluruh bumi; pada waktu itu TUHAN adalah satu-satunya dan nama-Nya satu-satunya.
  • Drysart:
    Yesus sebagai Tuhan tidak mengada-ada kitab yang ditemukan di naskah laut mati, Codex Sinaiticus, dan berbagai perkamen tertua di dunia sejak 40 Masehi segenerasi dengan para Rasul yang bebas untuk ditelaah secara akademis menyatakan keaslian Injil yang menegaskan bahwa Yesus adalah TUHAN dan beribu orang menjadi saksi dengan stempel darah dan kematian karena menolak menyangkali Kebenaran Kristus. berbeda dengan Qur’an yang naskah aslinya susah untuk dicari, dan bila ditanya pada yang memegang maka mereka akan balelol beralasan, dan distempeli dengan pedang dan pemaksaan yang sistematis dalam Syariah.
    Mazmur 2:6 “Akulah yang telah melantik raja-Ku di Sion, gunung-Ku yang kudus!”
    Anak Manusia, Putera Allah dan Raja dari Segala Raja. Yaitu Yesus memberkati kamu semua! Bukan oleh pedang bukan oleh jizyah, bukan menyebut kafir pada sesama, melainkan oleh kasih Kristus!
    Matius 8:11-12
    8:11 Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat dan duduk makan bersama-sama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kerajaan Sorga,
    8:12 sedangkan anak-anak Kerajaan itu akan dicampakkan ke dalam kegelapan yang paling gelap, di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi.”
    Bangsa Yahudi tahu tentang ramalan kedatangan Mesias oleh Daud yang berkata demikian:
    Mazmur
    110:1. Mazmur Daud. Demikianlah firman TUHAN kepada tuanku: “Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuhmu menjadi tumpuan kakimu.”
    110:2 Tongkat kekuatanmu akan diulurkan TUHAN dari Sion: memerintahlah di antara musuhmu!
    110:3 Pada hari tentaramu bangsamu merelakan diri untuk maju dengan berhiaskan kekudusan; dari kandungan fajar tampil bagimu keremajaanmu seperti embun.
    110:4 TUHAN telah bersumpah, dan Ia tidak akan menyesal: “Engkau adalah imam untuk selama-lamanya, menurut Melkisedek.”
    110:5. TUHAN ada di sebelah kananmu; Ia meremukkan raja-raja pada hari murka-Nya,
    110:6 Ia menghukum bangsa-bangsa, sehingga mayat-mayat bergelimpangan; Ia meremukkan orang-orang yang menjadi kepala di negeri luas.
    110:7 Dari sungai di tepi jalan ia minum, oleh sebab itu ia mengangkat kepala.
    Yesus menegaskan KeilahianNya dan Ketritunggalannya;
    Yohanes 14:6 Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
    14:7 Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia.”
    14:8 Kata Filipus kepada-Nya: “Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami.”
    14:9 Kata Yesus kepadanya: “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.
    14:10 Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.
    14:11 Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.
    Roh Kudus yang merupakan roh allah:
    Kejadian 1:1. Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
    1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.
    Islam yang sering keliru mencampuradukkan Roh Kudus dan Malaikat Gabriel, padahal jelas berbeda.
    Islam melarang untuk memikirkan Dzat Allah.. Allah itu Zat? sejumlah proton dan netron yang berada di bagian inti (tengah) atom, dan sejumlah elektron yang mengelilingi inti tersebut? wajah Allah? katanya Allah itu Zat
    Kekeliruan Muhammad dalam mencampuradukkan Dewa Air dan Dewa Bulan Hubal, lalu meminjam Monotheisme Yahudi dan Kristen
    KALAU ANDA INGIN MENGERTI, LEPASKAN DULU KACAMATA KUDA ISLAM ANDA
    TETAPI KALAU ANDA MASIH MEMAKAI KACAMATA KUDA ISLAM, DIJELASIN SAMPAI KIAMAT PUN, ANDA NGGAK AKAN MENGERTI!
  • Drysart:
    Apa yang dimaksud dengan Trinitas (Tritunggal) ?
    JAWAB :
    Memahami ketritunggalan sama halnya dengan memahami hakekat Allah itu sendiri. Mustahil kita percaya kepada Allah tanpa memahami hakekat-Nya yang meskipun tidak terbatas tetapi berkenan memberikan penyataan tentang diri-Nya di dalam Alkitab sesuai dengan kemampuan akal kita yang terbatas.
    Meskipun kata ‘TRINITAS’ tidak ada dalam Alkitab, tetapi para bapa Gereja mula-mula merumuskannya dengan dasar Alkitabiah :
    Contoh ayat yang menjadi dasar Paham Trinitas :
    * Matius 28:19
    LAI TB, Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam ‘nama’ (’ONOMA’) Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
    KJV, Go ye therefore, and teach all nations, baptizing them in the name of the Father, and of the Son, and of the Holy Ghost:
    NIV, Therefore go and make disciples of all nations, baptizing them in the name of the Father and of the Son and of the Holy Spirit,
    Bapa dan Anak dan Roh Kudus, oleh kalangan non kristiani dipandang seolah-olah 3 person atau bahkan politeisme (3 allah).
    Tetapi di dalam Alkitab bahasa asli ditulis dengan ‘ONOMA’ bentuk tunggal, bukan dengan ‘ONOMATA’ bentuk jamak.
    Text bahasa aslinya adalah demikian :
    Text bahasa aslinya adalah demikian :
    Textus Receptus (TR) : ??????????? ??? ??????????? ????? ?? ???? ??????????? ?????? ??? ?? ????? ??? ?????? ??? ??? ???? ??? ??? ????? ?????????
    Translit, poreuthentes oun mathêteusate panta ta ethnê baptizontes autous eis to onoma tou patros kai tou huiou kai tou hagiou pneumatos
    Perubahan bentuk kata “????? - ONOMA” :
    Tunggal:
    Nominatif, ‘ONOMA’
    Genitif, ‘ONOMATOS’
    Datif, ‘ONOMATI’
    Akusatif, ‘ONOMA’
    Jamak:
    Nominatif, ‘ONOMATA’
    Genitif, ‘ONOMATON’
    Datif, ‘ONOMASIN’
    Akusatif, ‘ONOMATA’
    Bapa, Anak, dan Roh Kudus, masing-masing bukanlah “nama”.
    Konsep ini tidak bertentangan dengan TANAKH IBRANI :
    Salah satu contoh ayat :
    * Kejadian 1:1
    LAI TB, Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
    KJV, In the beginning God created the heaven and the earth.
    Hebrew,
    ??????????? ?????? ???????? ??? ??????????? ????? ????????
    Translit, BERE’SYIT {pada mulanya} BARA’ {Dia menciptakan} ‘ELOHIM {Allah} ‘ET HASYAMAYIM {langit itu} VE’ET {dan} HA’ARETS {bumi itu}”[/b]
    Kata Allah dalam bahasa Ibrani ” ????? - ‘ELOHÃŽM” menggunakan bentuk jamak tetapi dengan kata kerja tunggal (singular) : ” ??? - BARA’”, hal ini saja sudah menyiratkan keesaan Allah yang serba kompleks.
    Alkitab mengajar dengan jelas bahwa Allah itu Esa :
    * Ulangan 6:4
    LAI-TB, Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!
    KJV, Hear, O Israel: The LORD our God is one LORD:
    Hebrew,
    ?????? ?????????? ?????? ?????????? ?????? ? ?????? ?
    Translit interlinear, SYEMA’ {dengarlah} YISRA’EL {Israel} YEHOVAH {YHVH dibaca Adonai, TUHAN} ‘ELOHEINÛ {Allah kita} YEHOVAH {YHVH dibaca Adonai, TUHAN} EKHAD {esa}”
    Yesus Kristus sendiri menekankan pentingnya ajaran Kitab Suci ini tentang ke-Esa-an Allah :
    * Markus 12:29
    LAI TB, Jawab Yesus: “Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.
    KJV, And Jesus answered him, The first of all the commandments is, Hear, O Israel; The Lord our God is one Lord:
    TR, ? ?? ?????? ???????? ???? ??? ????? ????? ??? ??????? ????? ?????? ?????? ? ???? ???? ?????? ??? ?????
    Interlinear, ho de {dan} iêsous {Yesus} apekrithê {Dia menjawab} autô {kepadanya} hoti {bahwa} prôtê {pertama} asôn {dari segala} tôn entolôn {perintah-perintah} akoue {dengarlah engkau} israêl {Israel} kurios {Tuhan} ho theos {Allah} hêmôn {kita} kurios {Tuhan} heis {satu} estin {Dia adalah}
    Sebagai seorang Kristiani yang mengimani Yesus kristus adalah Tuhan dan Allah, kita tahu bahwa paham Trinitas sama sekali tidak berarti adanya tiga allah sebagaimana yang dibayangkan secara salah oleh beberapa kalangan, termasuk beberapa kelompok “Kristen” sendiri. Arti dari paham ini ialah bahwa Allah itu satu adanya.
    Yesus berkata kepada murid-muridNya, “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus” (Matius 28:19). Monoteisme jelas sekali dalam kata-kataNya, “baptislah mereka dalam nama”–> ‘ONOMA’ (single).
    Yesus tidak berkata baptislah mereka dalam nama-nama ‘ONOMATA’ (plural) Bapa, Anak dan Roh Kudus. Namun Keesaan dipaparkan dengan jelas dalam kata-kataNya, “????? ??? ?????? ??? ??? ???? ??? ??? ????? ????????? - ONOMA TOU PATROS KAI TOU HUIOU KAI TOU HAGIOU PNEUMATOS” (lihat penjelasan diatas) . Bapa Gereja Tertulianus, ia adalah yang mula pertama mencetuskan ide, gagasan dan dengan tepat mendasarkan doktrin Trinitas dari ayat Matius 28:19 dan dia menjabarkannya dalam suatu doktrin yang berbunyi : ‘una substantia tres personae’, “satu substansi/hakekat tiga pribadi”.
    Allah yang Esa bukan berarti Allah seperti seonggok Zat seperti batu. Saya meyakini keesaan Allah yang multi-kompleks. Kata Allah dalam bahasa Ibrani ‘ELOHIM menggunakan bentuk jamak tetapi dengan kata kerja tunggal, hal ini saja sudah menyiratkan keesaan Allah yang serba kompleks. Roh yang tak terbatas oleh akal manusia.
  • Drysart:
    ditemukan naskah gulungan laut mati
    Jerusalem,
    Suatu pertemuan rahasia dengan seorang Bedouin di sebuah lembah bergurun telah mengantar ilmuwan pada penemuan dua potongan gulungan perkamen tua yang berusia hampir 2000 tahun. Ini adalah penemuan pertama yang terjadi dalam dekade ini.
    Dikatakan Profesor Chanan Eshel, arkeolog dari Universitas Bar Ilan, Tel Aviv, Israel, temuan ini memberikan harapan bahwa Gurun Yudea mungkin masih menyimpan lebih banyak benda peninggalan antik
    Dua potongan perkamen dari kulit hewan itu memiliki tulisan dalam bahasa Ibrani dan berisi ayat-ayat dari Book of Leviticus, bagian dari Kitab Perjanjian Lama. Keduanya diduga dibawa ke gua pengungsian di Nachal Arugot, sebuah lembah dekat Laut Mati dimana orang-orang Yahudi bersembunyi dari jajahan Romawi pada abad kedua.
    Gulungan kitab ini telah diperiksa Badan Antik Israel untuk melihat keasliannya.
    Sebelumnya, lebih dari 1.000 teks kuno - yang secara keseluruhan dikenal sebagai Gulungan Laut Mati (Dead Sea Scrolls) - telah ditemukan antara tahun 1947 dan 1956 di 11 gua di pantai barat Laut Mati.
    “Tapi tidak ada gulungan perkamen yang ditemukan di Gurun Yudea selama beberapa dekade,” kata Eshel. “Orang-orang pada umumnya yakin bahwa sudah tidak ada lagi yang bisa ditemukan di sana. Kini mereka mungkin akan mendorong dilakukannya penggalian.”
    Arkeolog dan peneliti Kitab Suci, Steven Pfann, mnegatakan, bila potongan perkamen itu asli, maka ia sesungguhnya tidak akan banyak memberi perubahan pada pemahaman mengenai Kitab Suci. “Yang membuatnya istimewa adalah bahwa ini adalah penemuan baru,” katanya. “Ini adalah pertama kalinya kami melihat peninggalan dari selatan sejak 1960-an.”
    Diceritakan Eshel, ia melihat potongan perkamen itu pertama kali tahun lalu dalam pertemuan rahasia di suatu bekas stasiun polisi dekat Laut Mati. Seorang Bedouin yang ditemuinya menawarkan potongan perkamen yang didapat di pasar gelap seharga 20.000 dollar AS.
    Temuan itu menggembirakan sekaligus mengecewakan Eshel yang telah mencari-cari peninggalan bersejarah di Gurun Yudea sejak 1986. “Saya kecewa karena mereka yang mendapatkannya, bukan saya. Namun saya juga gembira karena ternyata ada peninggalan di sana,” katanya.
    Lalu pada bulan Maret 2005, Eshel bertemu dengan orang Bedouin yang sama, dan ternyata ia masih memiliki potongan perkamen itu. Eshel kemudian membelinya seharga 3.000 dollar AS dengan uang yang diperoleh dari Universitas Bar Ilan, lalu memberikannya pada Badan Antik Israel.
    “Seorang peneliti sebenarnya tidak membeli barang antik, tapi mencarinya” kata Eshel. “Tapi saya melakukannya karena tidak ingin barang itu hilang atau dijual ke kolektor pribadi.”
    Temuan itu merupakan potongan gulungan ke 15 yang ditemukan di sana, dan berasal dari periode pemberontakan Yahudi melawan Romawi yang disebut “Bar Kochba”. Potongan ini sendiri merupakan satu-satunya yang berisi ayat-ayat dari Leviticus.
    Sebagai tambahan, perkamen yang disebut sebagai Dead Sea Scrolls yang disebut di atas, ditulis oleh Essenes, sebuah sekte monastic yang menghubungkan Yudaisme dengan Kristen awal. Gulungan ini berisi lebih dari 1.000 teks kuno, dan ditemukan setengah abad lalu di gua-gua sekitar Qumran di Tepi Barat. Dead Sea Scrolls dianggap sebagai salah satu temuan paling signifikan di Tanah Suci.
    naskah ini sekaligus menjelaskan bahwa isi Alkitab yg sekarang sama dengan yg dulu.,.,
    tidak seperti yg di tuduhkan para Teolog dan Ahli agama.,.,
    Gbu.
  • Drysart:
    Yang Jelas Paulus bukan nabi palsu karena dia seorang rasul yang diutus oleh Yesus dan diakui keduabelas rasul dan bapa gereja
    Buat kristiani jgn takut BIBLE sudah menubuatkan akan adanya Nabi-Nabi palsu setelah Kedatangan Yesus Kristus?
    silakan baca pada beberapa ayat berikut
    Matius 7:15
    Matius 24:11
    Matius 24:24
    Markus 13:22
    Lukas 6:26
    Kisah Para Rasul 13:6
    2 Petrus 2:1
    1 Yohanes 4:1
    1 Yohanes 4:4
    Wahyu 16:13
    Wahyu 19:20
    Wahyu 20:10
  • Abdulloh:
    Drysart, argumentasi anda cukup bagus seandainya tidak dikotori oleh cacian, makian dan fitnahan. Apalagi ditambah dengan merujuk ke situs-situs tak bermoral. Kami sangat menyayangkan sikap anda !!! Sehingga argumentasi anda yang seharusnya bagus menjadi tidak bernilai sedikit pun. Ada pun tentang Saulus atau Paulus, argumentasi anda tidak tepat, karena tidak menyentuh apa yang sedang kami bicarakan, yaitu masa lalu dia yang pernah menjadi musuh Nabi ‘Isa ‘alaihis salam dan telah banyak menangkapi dan menyiksa para pengikut Nabi ‘Isa. Andai anda mengatakan bahwa Saulus mengajak kepada ‘Isa, maka anda termasuk yang tidak cermat. Karena ajakan kepada ‘Isa bukan lagi mengikuti ‘Isa sebagai seorang Rosul, tetapi mengkultuskan ‘Isa baik sebagai Tuhan atau anak Tuhan. Hal yang sama juga dilakukan oleh Abdullah bin Saba’ seorang Yahudi yang pura-pura masuk Islam lalu menyusupkan ajaran pengkultusan kepada ‘Ali bin Abi Tholib rodhiyallohu ‘anhu. Bukti lain adalah bagaimana Nabi ‘Isa disebutkan di dalam Injil bahwa beliau berkhitan dan melarang meminum khomr ( anggur ), tetapi dalam surat-surat Paulus, si Paul malah mencela orang-orang yang berkhitan dan menganjurkan agar perjamuan gereja memakai khomr/anggur. Dan masih banyak lagi kontradiksi antara Injil dengan surat-surat Paulus andaikata mau kita ungkap satu persatu. Kalau demikian, yang salah Injilnya atau Paulusnya ? Kalau anda mengatakan seluruh murid Nabi ‘Isa yang 12 orang mengakui kerasulan Paulus, anda juga keliru. Karena Barnabas menulis Injil –yang kemudian oleh kelompok anda diharamkan dibaca- adalah dalam rangka membantah Saulus yang mengajarkan ketuhanan Yesus. Dan silakan anda merujuk ke buku-buku sejarah ketuhanan dalam agama Nashrani, bagaimana pro dan kontra kalangan gereja begitu kerasnya menerima ide “Yesus putera Allah” yang merupakan ide dari Saulus. Ada pun naskah-naskah bahasa Ibrani yang anda kemukakan, berdasarkan kaidah Ilmu Islam adalah tertolak, karena tidak diketahui secara pasti siapa yang menulis, apakah yang pro dengan Saulus atau dari pihak yang kontra dengan Saulus. Dan kalau anda menyalahkan pemahaman kami tentang konsep Trinitas yang kalian anut, maka argumentasi anda sendiri kontradiktif. Di suatu kali anda menegaskan bahwa Yesus bukan Tuhan, tapi di lain kesempatan anda mengatakan Yerus adalah Tuhan. Silakan anda simak sendiri ucapan anda ! Terima kasih ……….
  • putri:
    numpang copy skalian bilang kalo Yesus itu memang tri tunggal. itu aja. terserah anda mau menanggapinya gimana…
  • Aries:
    sudah jelas Yesus diutus hanya untuk kaum Bani Israil aja bukan untuk yang lain, semua injil yang ada adalah produk pikir dari manusia yang pasti banyak kesalahan, oleh karena itu ALLAH SWT menurunkan agama Islam untuk memberikan pencerahan dan pembenaran dari apa yang telah diselewengkan orang - orang nasrani.
  • Riam:
    bwt anda” semua dari pd berdebat dgn pandangan masing” yg slah mending neh nton z perdebatan seorng muallaf n seorng yg murtadin,, dstu di tunjukan bukti” dari ayat” yg bener yg mn,, silahkan menilai sendiri…
    http://www.youtube.com/watch?v=bYgorSfmGUc
    silahkan nton dari part 1 samapai 16,,
    terimakasih
    wassalam…
  • chandra:
    inilah yang disebut perpecahan karena kepicikan otak manusia….
    Tuhan jangan ditelaah dengan pikiran manusia…
    Indonesia begitu riskan dengan isu agama…
    jika mati, kalian tidak akan ditanya tentang agama kalian apa…siapa saja nabi kalian…tidak…
    Tuhan yang mahabaik tidak akan bertanya demikian…
    agama hanya suatu wadah saja…
    jika hanya menelaah masalah tulisan,berarti kalian mudah tergoda oleh iblis yang ingin kalian terpecah sebagai kesatuan ciptaan…
    maaf…bagi pembuat blog ini…tolong jangan perparah keadaan bumi yang sudah diambang kehancuran dengan isu yang menyangkut agama,ras,suku,atau semacamnya…
    kita semua percaya Tuhan…
    tunjukkan kita berbudaya,kita beretika,kita kaum terpelajar,dan kita sebagai manusia yang bermartabat…
    sekali lagi…Tuhan jangan ditelaah dengan otak kalian sebagai manusia…
    salam
    yang membela Tuhan tanpa pembedaan agama
  • chandra:
    jujur mas atau mbak…
    aku ikut sedih dengan tulisan macam ini.
    berdebat masalah agama??
    saling menyalahkan agama lain??
    kalian sadar tidak bahwa kalian diambang kehancuran??
    aku percaya Tuhan…
    tapi tidak sepicik kalian
    maaf…Tuhan bukan milik orang2 yang suka berdebat tentang agama…
    aku menangis kalian berdebat…merasa diri yang paling benar…
    Tuhan tidak seperti itu…
    apakah kalian manusia yang adalah citra Tuhan??
    Tuhan pasti tidak suka bertikai seperti kalian…
    itu hanya pikiran manusia….
    ingat!!!
    kalian hanya manusia…sama seperti aku….
    mendarat lah…jangan ngambang…
  • chandra:
    mungkin akan ada yang ngatain aku tidak berargumen….
    akan ada yang bilang aku bodoh…
    tidak apa2…
    tapi aku sudah berusaha dewasa dalam percaya pada Tuhan
  • dean:
    saudara chandra yg dewasa….
    mingkin saudara2 diatas masih dalam batas wajar ah, karena mereka mencari sesuatu yg masih kelabu.biar kn mereka mencari apa yg merak inginkan asaL jangn memakai emosi, artikel di balas dengan artikel yang mendidik..smoga yang coment mendapatkan petunjuk mana yg benar amin
  • dean:
    untuk mr.kasihan…yg waktu lalu mempertanyakan rumusnya einstain
    Albert Einstein, ilmuan fisika terbesar sepanjang masa dalam sebuah risalah terakhirnya menulis, Islam lebih utama, lebih sempurna dan lebih logis dibanding agama-agama dunia yang ada. Risalah ilmiahnya itu berjudul “Die Erklarung” yang ditulis dalam bahasa Jerman pada tahun 1954 di Amerika.
    Risalah ini pada hakikatnya sama dengan surat rahasia yang ditulisnya kepada Ayatullah Al-Uzhma Boroujerdi. Dalam risalah ini, Einstein membuktikan teori relativitasnya dengan ayat-ayat Al-Quran dan hadis-hadis dari buku Nahjul Balaghah dan Bihar Al-Anwar. Ia mengatakan, hadis-hadis punya muatan seperti ini tidak bakal di mazhab lain. Hanya mazhab Syiah yang memiliki hadis dari para Imam mereka yang memuat teori kompleks seperti Relativitas. Sayangnya, kebanyakan ilmuannya tidak mengetahui hal itu.
    Salah satu hadis yang menjadi sandarannya adalah hadis yang diriwayatkan oleh Allamah Majlisi tentang Mi’raj jasmani Rasulullah saw. Disebutkan, “Ketika terangkat dari tanah, pakaian atau kaki Nabi menyentuh sebuah bejana berisi air yang menyebabkan air tumpah. Setelah Nabi kembali dari Mi’raj jasmani, setelah melalui berbagai zaman, beliau melihat air masih dalam keadaan tumpah di atas tanah.” Einstein melihat hadis ini sebagai khazanah keilmuan yang mahal harganya, karena menjelaskan kemampuan keilmuan para Imam Syiah dalam relativitas waktu. Menurut Einstein, formula matematika kebangkitan jasmani berbanding terbalik dengan formula terkenal “relativitas materi dan energi”.
    E = M.C2 >> M = E :C2
    Artinya, sekalipun badan kita berubah menjadi energi, ia dapat kembali berujud semula, hidup kembali.
    Dalam suratnya kepada Ayatullah Al-Uzhma Boroujerdi, sebagai penghormatan ia selalu menggunakan kata panggilan “Boroujerdi Senior”, dan untuk menggembirakan roh Prof. Hesabi, ia menggunakan kata “Hesabi yang mulia”.
    Naskah asli risalah ini masih tersimpan dalam Safety Box rahasia London (di bagian tempat penyimpanan Prof. Ibrahim Mahdavi), dengan alasan keamanan.
    Risalah ini dibeli oleh Prof. Ibrahim Mahdavi (tinggal di London) dengan bantuan salah satu anggota perusahaan pembuat mobil Benz seharga 3 juta dolar dari seorang penjual barang antik Yahudi.
    Tulisan tangan Einstein di semua halaman buku kecil itu telah dicek lewat komputer dan dibuktikan oleh para pakar manuskrip
    news at :http://www.infounik.co.tv/2009/08/einstein-mengakui-kehebatan-hadis-al.html
    mudah2an info yg bermanfat
  • chandra:
    saudara dean yang berpikir ilmiah…
    semoga yang saudara katakan itu benar adanya, benar bahwa kehancuran itu masih lama.semoga…
    tetapi saya pribadi lebih menyayangi Tuhan tanpa telaah pikiran manusia yang picik.Tuhan itu misteri.Dia tidak bisa dikotak-kotakkan dalam agama.
    Agama A dan B sama saja,mereka hanya wadah…dan manusia hanya ciptaan yang bisa dilenyapkan kapan saja.
    Tetapi saya melihat adanya emosi saling berbalas dalam perdebatan di atas…tidak penting mana Tuhan yang benar, yang penting iman.
    masalah iman dan kepercayaan jangan dibandingkan…jangan disalahkan.
    terima kasih untuk saudara dean yang memberi referensi lebih…
    Tetapi…saya tetap tidak rela Tuhan diperdebatkan manusia…bodoh namanya.
  • Tera:
    Tuhan memberiku otak untuk sebagai makhluk yang berakal, aku tahu SETIAP CIPTAAN ADA PENCIPTANYA. Aku berTuhan kepada Yang Maha Pencipta. Perlu dibedakan antara Penciptaan dengan rekayasa, sebab penciptaan dari tidak ada menjadi ada, sedangkan rekayasa yaitu mengotak atik bentuk yang telah ada.
    Jika menganggap Tuhan itu absolut ingin apa saja bisa, termasuk masuk ke dalam wujud tubuh manusia menunjukkan antiabsolut itu sendiri, karena manusia mempunyai keterbatasan dalam kebutuhan hidup (harus makan, harus tidur, butuh sex, butuh buang air). Itu menunjukkan Tuhan masuk area keterbatasan (tidak absolut)dan bertentangan dengan sifat ketuhanan yang absolut. Untuk memahami Tuhan bisa masuk ke dalam wujud manusia berarti AKU HARUS HILANG AKAL DULU!!
  • gregorius:
    mengangkat sebuah tema itu baik…..hanya sayangnya pikiran orang ini begitu picik….
    ra mutu…….
    merendahkan sebuah agama hanya untuk menganggap suatu agama itu paling benar adalah suatu usaha yang kotor……
    ini contoh sebuah usaha ketika orang ini tidak lagi dipercaya dan membawa pengaruh baik bagi orang lain….
  • gregorius:
    saudara chandra yang baik…
    pada dasarnya memang kita ini hanya manusia yang terbatas….
    kita memang tidak mempunyai referensi….
    tapi mari kita lihat…
    tidak semua orang katolik itu baik….sama juga dengan orang islam….
    unsur kemanusiaanlah yang membuat mereka terpecah…
    kita sama-sama manusia….tapi bagaimana kita menjadi manusia itu adalah pilihan…..
    pilihan orang ini untuk menjadi manusia yang tidak dapat menghargai orang lain….
    aku hanya ingin menyampaikan….
    muhammad itu punya akhiran SAW…artinya adalah:
    Ungkapan Arabnya ialah “sallah-ilahu ‘alaihi wassalam”. Kata-kata ini muncul dalam teks Qur’an dan arti harafiahnya adalah “Tengoklah! Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikat-Nya berdoa untuk nabi. Oh, engkau yang percaya, berdoalah untuk dia dan hormati dia dengan damai”
    berarti muhammad minta didoakan…bandingkan dengan title Isa Almasih….
    lafaz Alaihis Salam yang bermakna Semoga
    keselamatan dilimpahkan kepadanya. Ungkapan ini biasanya diberikan kepada
    para nabi dan Rasul termasuk juga para malaikat.
    islam juga punya nabi Isa…jadi mari kita membuka diri terhadap iman masing2…karena jika kalian menentang Isa itu berarti kalian tidak memiliki juru selamat…tanpa didoakan pun Isa telah naik ke surga…
  • gregorius:
    berbaik hatilah, karena semua orang yang kau temui sedang berperang dalam pertempuran yang lebih sulit…….-Plato-
    teman-teman mari berbaik hati kepada penulis ini…sapa tahu dia sedang berperang dengan cacat otaknya….
  • gregorius:
    tapi saya setuju dengan saudara chandra….
    jangan pernah mencoba mengerti Tuhan dengan pikiran manusia…tapi perhatikan iman yang kita punya….
    mengapa harus takut dengan neraka kalau kita memang bukan pada iman dalam suatu agama……………
  • Short sale in San Diego:
    Interesting, I wonder what the statistics are on your first point there…
  • Admin:
    Islam selalu membuka pintu dialog selama dilakukan dengan baik bukan asal debat kusir. Pakailah argumen yang ilmiah jangan sekedar berbekal semangat membela diri atau golongan kemudian serampangan dalam melontarkan pendapat. Dalam Al-Qur’an disebutkan ajakan untuk BERDEBAT DENGAN CARA YANG LEBIH BAIK, bukan dengan cara yang kurang baik apalagi tidak baik. Karena Dialog Ilmiah berbeda saling mencela. Mohon jangan disalahfahami
  • ami:
    Agama yang dianut oleh seseorang pasti dianggapnya yang terbaik bagi orang tsb. Namun sebagai umatNya kita tidak boleh menggunakan agama sebagai pemecah belah. Agamaku adalah agamaku, agamamu adalah agamamu. Trims
  • valen:
    hahahah.. memalukan sekali org yg menulis hal ini.. dengan adanya post ini menandakan betapa kamu tidak mengimani agama kamu karena kamu takut tersaingi agama lain..
    ga usah merasa hebat sendiri.. masing ada benar dan salahnya kok… buktikan kalau agamamu benar 100%.. Tuhan itu ga membedakan agama.. jangan mencela agama lain.. inilah yg bikin suatu agama mempunyai suatu kelompok radikal.. karena pikiran picik seperti ini..=))
  • Halleluyah:
    PUJI TUHAN, BANYAK KRISTEN YANG KUAT IMANNYA….. Halleluyahhhh…!
  • Abdulloh:
    Valen, kalau menurut anda setiap umat beragama tidak boleh menganggap agamanya paling benar, berarti yang merasa paling benar bukankah diri anda sendiri ? Setiap agama tentu berhak mengatakan bahwa agamanya yang paling benar dengan memberikan bukti yang ilmiah dan bantahannya dengan cara yang baik, bijak dan ilmiah, selebihnya biar umat manusia yang memiliki akal sehat dan jiwa ilmiah yang akan menentukan jalannya masing-masing. Dialog keagamaan yang dilandasi semangat ilmiah tidak akan mengarah kepada radikalisme seperti yang dibayangkan oleh akal picik anda. Bila dialognya penuh dengan emosional dan fanatik buta, nah itulah sumber radikalisme di semua agama, bukan hanya di umat Islam saja, tetapi di semua umat beragama.
  • sunardi:
    Betul samua agama itu baik tidak ada yang mengajarkan tentang kerusakan dan kehancuran, namun dalam doktrin ketuhanan itulah yang harus dicari kebenaran, karena dalam mencari kebenaran itu harus ada proses penelitian untuk menguji kebenaran itu sendiri, kalau doktrin atau konsep ketuhanannua salah percuma saja tidak ada gunanya selama hidup didunia telah membangun Ibadah yang sia sia ibarat menggarami lautan.
    Sejak manusia pertama diciptakan yaitu Nabi Adam hanya menyembah kepada ALLAH yaitu Tuhan Yang Maha Esa, terus dilanjutkan para nabi nabi untuk memperbaiki huikum Tuhan dan Doktrin Keuhanan, yaitu Ibrahim, Musa, Daud, Yesus dan terakhir Nabi Muhamad semuanya menyembah ALLAH, Tetapi hanya manusia setanlah yang berbuat kedurhakaan yang tadinya hanya menyembah kepada ALLAH telah berubah menyembah yang lain ada yang mmenyembah Ysus, Sidarta gautam, DEWA, DEWI, Berhala ( menyembah selasin ALLAH ), Patung dll, itulah perbuatan setan yang tak henti hentinya untuk mngajak dan menjerumuskan manusia sebanyak banyaknya keneraka jahanam, sesui dengan sumapahnya dihapan ALLAH.
  • amin:
    Tulisan-tulisan seperti ini yg membelah persatuan.
    Jangan mengurusi agama lain jika agamamu sendiri masih belom beres.
    Kesyirikan terhadap agama lain menutup matamu sendiri.
    Tuhan saja tidak bertengkar diatas sana. kenapa umatnya yang bertengkar.
    ckckk.
  • Mantan Katolik:
    MUSTAHIL KRISTEN BISA MENJAWAB!
    1.Mana pengakuan Yesus dalam Al-Kitab bahwa Dia beragama Kristen?
    2.Mana ajaran Yesus ketika Ia berumur 13-29?
    3.Mana bait ucapan Yesus dalam Al-Kitab yg maksudnya:Aku adalah Tuhan, maka sembahlah Aku saja?
    4.Mana Firman Allah yg mengatakan:Akulah yg menurunnkan Al-Kitab, dan Akulah yg menjaganya?
    5.Mana perintah Yesus(”Tuhan”)yg memerintahkan utk beribadah hari minggu?
    6.Mana dari Al-Kitab yg menyatakan Yesus adl 100% manusia dan 100% Tuhan?
    7.Mana dari Al-Kitab yg menyatakan bahwa Yesus sbg Juru Selamat dijamin umatKu MASUK SURGA?
    8.Mana foto Yesus dan siapa yg memotret?
    9.Mana dalil dri Al-Alkitab bahwa Yesus lahir tgl 25 Desember dan perintah merayakan Natal? 10.Buktikan siapa yang HAFAL Al-Kitab meskipun 1 surah?
  • Budag Protes:
    eh mantan katolik, kurang kerjaan amat hapalin satu kitab. alkitab dibaca itu hanya untuk dimengerti isi-nya makanya alkitab diterjemahkan ke bahasa Indonesia. bukannya untuk dibaca berdasar bahasa asli-nya yang sekali dibaca “wes-ewes-ewes” langsung dapet pahala..!! Itu mah namanya baca MANTRA..!! lihat ucapan gue lu pasti udah ngerti. baca deh tuh kitab loe… masa harus dibaca dalam bahasa arab..?? pake blajar tajwid sgala lagi.. baca-dibaca,, wesss ..setan hilang.. baca-dibaca,, wess.. ada rezeki.. ITUMAH MANTRA LHO PAK-PAK.. PIYE TOH..!!
  • Wong Jowo Cinta Damai:
    <<HARAP BACA ARTIKEL SAYA..!!>>
    aduhh.. aduhh.. paklek..buklek..
    piyeeeetohh..
    untuk yg buat website ini dan membuat postingan ini sendiri mungkin lagi kesal kan karena agama-nya diobok-obok di situs \"Mengenal Islam Sahih\"..?!? Saya tahu itu pak dan saya tahu rasanya sakit.. tapi ingat pak,, JANGAN sembarang menuduh bahwa yg buatnya itu orang KRISTEN, KATOLIK, BUDHA, maupun agama lain.. INGAT..!! DIDUNIA INI MASIH ADA ORANG YANG INGIN MENGHANCURKAN KEDAMAIAN DUNIA, yaitu orang orang ATEIS yang tidak kenal agama, tidak kenal tuhan, sama tidak kenal nabi-nabi. DALAM pandangan orang ATEIS, jika ada orang yg bicara soal TUHAN, NERAKA, atau apalah itu, mereka pasti berkata TIDAK SETUJU. Karena apa, karena mereka menganggap dunia ini surga mereka dan OTOMATIS mereka akan meng-obok-obok agama ORANG..!!
    anjuran saya.. INI ANJURAN SAYA LO PAK..!!
    bila bapak tidak ingin dikata-kata in ORANG ATEIS, lebih baik bapak hapus aja POSTINGAN INI..!! ingat pak, ajaran agama anda sendiri mengajarkan diLARANG SUUZON kan?? dan pasti ajaran agama anda juga mengajarkan \"AGAMAKU-AGAMAKU, AGAMAMU-AGAMAMU\" . jangan lagi deh ngurus2in agama orang karena kita sendiri bukan ahli agama itu sendiri. mendingan banyakin pahala, banyak-banyak baca al-Quran, shalat 5 waktu tepat waktu, dan makan makanan yg halal.
    dan ingat JUGA pak, jikalau bapak sampai hari ini juga belum menghapus POSTINGAN INI, itu berarti bapak tidak setuju dengan negara INDONESIA yang selama ini rukun umat beragama. Jikalau bapak juga tidak setuju dengan kami ini yg kalian sebut KAFIR, bapak minta dengan pak Ir.Susilo Bambang Yudhoyono, presiden kita untuk meminta TANAH KHUSUS untuk kami tinggal didalamnya.
    Saya nulis ini beneran lho pak.. lebih baik bapak hapus, jangan lagi-obok-obok agama orang, saya udah capek komen-komen web yg menghina agama orang lain..!!
    sekian dulu ya paklek-buklek..
    SALAM CINTA DAMAI..!!
    tambahan: maaf kalo omongan saya panjang.. satuhal pak, disekolah saya selalu dikucilkan, diejek-ejek karena beda agama, bahkan kami seperti dianggap tidak ada. Mungkin anda tidak pernah merasakannya karena anda MAYORITAS. Saat ini saya SMA dan saya tetap pada PENDIRIAN saya untuk BERSABAR. saya yakin anda yang mayoritas dan yang \"beriman\" juga orang yang SABAR kan??
    jangan lupa dihapus postingannya ya??
    kasih komentar donk postingan saya..!! saya menunggu..!! yang menolak kata-kata saya berarti anda bukan orang yang berakal budi. jika ada kesalahan, mohon dilampirkan secara jelas. TERIMAKASIH
  • Wong Jowo Cinta Damai:
    Ingat..!! komentar saya tadi diatas tidak ada satupun menyinggung AGAMA orang dan mengejek. saya hanya menyarankan saja..!! Harap diteliti dan jika menulis komentar lihat situasi dan dibaca dulu sebelum di “submit comment”.
    saya harap anda tidak menulis kata-kata yang aneh karena web saya tidak ada unsur SARA. Jadilah orang yang berakal budi yang selalu menjaga MULUT dan hati-nya.
    Terima Kasih.
  • abdul rohman:
    jikalah seorang raja atau presiden ingin memberikan berita berita atau aturan aturan kenegaraan lalu dia kirim kepada bebrapa utusan ,,,, apakah utusan tersebut adalah raja / presiden..? :) tentu saja bukan raja / presiden tetapi dia adalah seorang utusan.. jikalau di lain waktu utusan itu dikatankan raja.. maka utusan itu tidak salah. dan pasti akan menolak kalau dia adalah raja.. lalu siapa yang salah..? :) tentunya orang yang bilang utusan itu adalah raja .. jika dikatakan utusan itu adalah bagian dari pada negara.. tentunya secara hukum adalah benar.. karena utusan itu bagian dari warga negara.. tetpi jika utusan itu dikatakan bagian dari pada raja , ? apakah itu benar…? pertanyaan ini tolong dijawab sendiri…
    inilah permisalan salah satu konsep ketuhanan dan utusan nya ( RosulNYA)
    jika seorang raja mengatakan, saya adalah raja kalian,, dan kalian semua adalah rakyat saya,, jika ingin perlindungan dari saya maka tinggal lah di negara saya,, ikutilah aturan dari saya dan dengarkanlah dan taatilah utusan utusan saya karena itulah perintah perintah dari saya…
    tentunya seorang raja akan menjaga dan memlihara seluruh perintah perintah agar semua taat dan tidak ada sedikitpun perubahan tampa seijin nya. dari cerita ini saja.. raja yang hanya seorang manusia akan menjaga negara dengan aturan aturannya agar tidak ada sedikitpun aturan yang berubah tampa ijinnya… Bagaimana Dengan Allah yang Maha kuasa atas segala sesuatunya, maha Penyayang terhadap semua ciptaannya.. pasti akan menjaga seluruh perintah perintahnya firman firmanya tampa ada satu pun yang berubah walau itu adalah titik dan koma, dan pasti akan segera disampaikan kepada manusia tampa jeda waktu yang lama,, jika ada aturan dan firman firman Allah yang bisa dirubah oleh manusia. dan selalu ada refisi sesuai jaman dan keadaanya.. masih kah pantas dikatakan itu dari Firman firman Allah…? jika masih ada mengatakan,, Boleh dan pantas dirubah… ! pertanyaanya adalah Tidak sanggupkan Allah menjaga firmannya..?
    inilah Permisalan Tuhan dengan Kitab Kitab NYA..
    Pikirkanlah sejenak permisalaan ini.. saya tidak mengatakan siapa yang paling benar,,, Yang Paling Benar Dialah Allah Yang Maha Esa , Allah tempat begantung meminta, dan memuja, Dialah yang tidak beranak dan tidak diperanakan,, dan seluruh hambanya akan bilang dialah Yang Maha Esa ( satu )Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang,,,
    jika ada hambanya bilang dia mempunyai anak keturunan dan utusannya adalah bagian dari pada tuhan,, lalu siapakah yang benar…? pertanyaan pertanyaan ini hanya bisa dijawab oleh hati yang diberi hidayah petunjuk dari Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang
    Ya Allah Ampuni Hamba dari segala praduga dan Prasangka yang tidak Engkau Ridoi,, dan tunjukilah hati kami agar menjadi bersih dari prasangka iri hati dengki, dan merasa benar sendiri,, tampa sedikitpun Enggau Ridoi
    Ya Allah Lindungi hamba dan kami dari hal yang demikian
  • septia kurniawan:
    ????? ????????? ???????? ??????? ?????????????????????????? ???? ???? ???????????? ?? ????????????????? ??????? ????? ??????????? ??????? ?????????? ??????? ????????????? ????????? ???????? ??????? ???????
    Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak akan beriman.Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka ditutup. Dan bagi mereka siksa yang amat berat. (Al Baqarah 6-7)
  • xou:
    heii…..jika agama anda yang paling benar klik saja link di bawah ini…baca….pahami….hayati….buktikan dengan bukti yang otentik….pakai akal….pakai budi….pakai hati…..jangan pakai nafsu….jangan pakai otot…..ga akan beres masalah yang seperti ini sampai kiamat barulah tersadar semua agama mana yang benar….ini klik saja linknya…..
    http://luk.staff.ugm.ac.id/kmi/antar/Anton/Anton.pdf
    inget baca baik..baik…kalo udah baca renungkan…..untuk mencari kebenaran agama yang anda yakini apa benar atau jauh dari benar…..
    terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar